group-logo

PEMUDA ADVENT

Young Adult/Pemuda Advent Senior

Kisah Perkumpulan Pemuda Advent, yang sekarang diberi nama Pemuda Advent Dewasa (Young Adults), dimulai lebih dari 125 tahun yang lalu di sepanjang jalan pedesaan yang berdebu di Michigan dengan dua anak laki-laki berlutut dalam doa. Saat ini jalur berdebu tersebut telah menjadi jaringan jalan raya sedunia yang menghubungkan lebih dari 10 juta orang muda Advent di hampir setiap entitas politik di setiap benua di dunia. Kisah ini hadir dalam setiap rona pelangi; itu dipenuhi dengan kegembiraan dan pengalaman puncak gunung yang ekstrem, serta kesedihan mendalam dan mimpi yang tidak terpenuhi. Ini adalah kisah tentang Tuhan yang memimpin pasukan yang menakjubkan melalui pertempuran konflik besar yang terjadi dalam kehidupan seperti yang kita kenal sekarang.

Misi

Untuk memimpin kaum muda ke dalam hubungan yang menyelamatkan dengan Yesus Kristus dan membantu mereka menerima panggilan-Nya untuk menjadi murid.

Tujuan

Pekabaran Advent ke seluruh dunia pada generasi saya.

Motto

Kasih Kristus yang mengajakku.

Janji Pemuda Advent 

Mengasihi Tuhan Yesus, saya berjanji untuk mengambil bagian aktif dalam pelayanan pemuda gereja, melakukan apa yang saya bisa untuk membantu orang lain dan menyelesaikan pekerjaan Injil di seluruh dunia.

 

Tujuan-tujuan Pelaksanaan PA Senior

“Untuk menyelamatkan dari dosa dan membimbing dalam pelayanan:” motif yang benar dan satu-satunya ini, yang begitu lengkap dan mengesankan, diadopsi pada sesi General Conference tahun 1926. Untuk memperoleh keselamatan kaum muda, perlu diberikan kepada mereka setiap kesempatan untuk berpartisipasi dalam semua kegiatan pemuda Advent. Dengan menjaga generasi muda secara aktif mempersiapkan diri untuk pelayanan yang lebih efisien, mereka terlindungi dari kejahatan. Penting untuk menempatkan mereka dalam beberapa aktivitas segera setelah mereka siap. “Mengupayakan kebaikan orang lain adalah cara di mana kebahagiaan sejati dapat ditemukan” (Counsels on Stewardship, hal. 24). Musuh tidak akan menang melawan kaum muda yang secara aktif terlibat dalam hal-hal yang berhubungan dengan Allah.

Agar generasi muda dapat bekerja untuk:

  • Pemuda lainnya
  • Gereja mereka
  • Sesama mereka

Tiga tujuan yang telah digariskan Allah bagi masa muda-Nya ini sebenarnya merupakan bagian kedua dari tujuan yang disajikan dalam arti praktis: “pembimbing dalam pelayanan.” Sejak pekerjaan misionaris remaja pertama kali dimulai, tiga tujuan ini telah diterapkan. Tujuannya adalah untuk menyelamatkan setiap remaja Advent yang menghadapi pertempuran melawan dosa, berjuang untuk menyelamatkan lebih banyak jiwa demi kerajaan Allah. Pada tahun 1947, slogan dinamis “Bagikan Iman Anda” memberikan penekanan baru pada upaya memenangkan jiwa di seluruh dunia.

Agar para pemuda dapat bekerja untuk pemuda lainnya. Mendidik generasi muda untuk membantu generasi muda; dan dalam upaya melakukan pekerjaan ini masing-masing akan memperoleh pengalaman yang akan membuat dia memenuhi syarat untuk menjadi pekerja bakti di lingkungan yang lebih besar” (Messages to Young People, hal. 208).

“Dia [Setan] mengetahui dengan baik bahwa tidak ada golongan lain yang dapat melakukan kebaikan sebanyak remaja putra dan remaja putri yang dipersembahkan kepada Allah. Kaum muda, jika benar, dapat memberikan pengaruh yang besar. Para pengkhotbah atau orang awam yang sudah lanjut usia, tidak dapat memiliki setengah pengaruh terhadap kaum muda dibandingkan dengan pengaruh kaum muda, yang mengabdi kepada Tuhan, terhadap rekan-rekan mereka” (Messages to Young People, hal. 204).

“Para remaja putra dan putri, Tuhan memanggil Anda untuk bekerja, bekerja untuk Dia… Anda dapat melakukan pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh mereka yang melayani dalam firman dan doktrin. Anda dapat menjangkau kelompok yang tidak dapat dipengaruhi oleh pendeta” (Messages to Young People, hal. 207).

Bahwa kaum muda bekerja untuk gereja. Kaum muda harus bekerja untuk gereja, dan untuk “mereka yang mengaku memelihara hari Sabat.” Dengan setia menghadiri kebaktian gereja, pertemuan doa, dan pertemuan misionaris; membantu di Sekolah Sabat dan Perkumpulan Kaum Muda, dan berpartisipasi dalam kegiatan misionaris gereja, mereka mendorong dan memperkuat gereja. “Kesetiaan kepada Kristus menuntut pelaksanaan tugas gereja dengan setia” (Education, hal. 269).

“Gereja sedang membutuhkan bantuan dari orang-orang muda yang mau memberikan kesaksian yang berani, yang dengan semangat mereka yang membara akan membangkitkan energi umat Tuhan yang sedang lesu, dan dengan demikian meningkatkan kekuatan gereja di dunia” (Pesan untuk Kaum Muda , hal.25).

Pemuda mungkin bekerja untuk pemuda bukan karena iman. “Waktunya singkat. Pekerja bagi Kristus dibutuhkan di mana pun. Harus ada seratus pekerja yang sungguh-sungguh dan setia di ladang misi dalam dan luar negeri dimana saat ini hanya ada satu pekerja. Jalan raya dan jalan kecil masih belum dibangun” (Fundamentals of Christian Education, hal. 488).

Ada kebutuhan bagi mereka yang akan bekerja dari rumah ke rumah. “Tuhan memanggil generasi muda kita untuk bekerja sebagai penginjil dan penginjil, untuk melakukan pekerjaan dari rumah ke rumah di tempat-tempat yang belum mendengar kebenaran” (Messages to Young People, hal. 220).

“Tuhan menyerukan agar upaya-upaya yang tegas dilakukan di tempat-tempat yang masyarakatnya tidak mengetahui apa pun tentang kebenaran Alkitab. Nyanyian dan doa serta pembacaan Alkitab diperlukan di rumah-rumah masyarakat” (Counsels to Teachers, hal. 540).

“Mereka [para remaja] dapat membentuk kelompok-kelompok untuk melakukan pekerjaan bantuan Kristen… Mereka akan menemukan banyak kesempatan untuk menggunakan bakat yang telah Allah berikan kepada mereka dalam membawakan melodi dan sinar matahari ke banyak tempat sepi yang digelapkan oleh kesedihan dan penderitaan, bernyanyi untuk mereka yang jarang mempunyai hak istimewa di gereja” (Counsels to Teachers, hal. 547).

Perusahaan harus diorganisasi dan dididik secara menyeluruh untuk bekerja sebagai perawat, pengunjung Injil, dan pembaca Alkitab, sebagai penyampai informasi, pendeta, dan penginjil misionaris medis” (Counsels to Teachers, hal. 546).

Masyarakat Kaum Muda yang mengingat ketiga tujuan ini akan menjadi pengaruh yang dinamis dan rohani bagi gereja, dan inilah yang seharusnya terjadi. Keberhasilan setiap Komunitas AY bergantung pada pemenuhan tujuan-tujuan ini dengan setia dan cara para anggota menerapkan semangat Ikrar AY dalam kehidupan mereka.

“Ketika kaum muda memberikan hati mereka kepada Tuhan, tanggung jawab kita terhadap mereka tidak berhenti. Mereka harus tertarik pada pekerjaan Tuhan, dan dituntun untuk melihat bahwa Dia mengharapkan mereka melakukan sesuatu untuk memajukan tujuan-Nya. Tidaklah cukup hanya menunjukkan seberapa banyak yang perlu dilakukan, dan mendorong generasi muda untuk mengambil bagian. Mereka harus diajari cara bekerja untuk Sang Guru. Mereka harus dilatih, didisiplinkan, dilatih dalam metode terbaik untuk memenangkan jiwa bagi Kristus. Ajari mereka untuk mencoba dengan cara yang tenang dan tidak berpura-pura membantu rekan-rekan muda mereka. Biarkan cabang misio berbeda”

Pelatihan dan Sertifikasi 

General Conference juga telah menyediakan materi pelatihan untuk Pemuda Advent Senior yang bahan-bahannya juga tersedia di website ini. Silahkan mencari pada bagian Courses – Senior Youth Leaders untuk bahan-bahan yang dapat digunakan di Kondawil dan Jemaat masing-masing. 

Kurikulum Pemimpin Pemuda Senior (SYL) diperuntukkan bagi individu (disetujui oleh dewan gereja) yang ingin membawa Pelayanan Pemuda Senior ke tingkat berikutnya dengan menggunakan prinsip-prinsip Alkitab dan metode kontemporer. Setelah menyelesaikan SYL, orang-orang tersebut dapat dipanggil untuk memimpin Ambassador, Young Adults, dan PCM di gereja lokal.

Departemen PPA UIKB juga sedang menyediakan pelatihan eLearning untuk SYL Certification dan sementara dalam proses penyediaan materi-materi video dan portfolio. 

Kartu Penyelesaian Sertifikasi SYL

Silahkan mendownload Kartu Penyelesaian Sertifikasi SYL pada link di bawah ini:

Kartu Sertifikasi SYL

Atau dapat mengakses ke cmt.pemudaadvent.id untuk mengikuti pelatihan secara mandiri melalui sarana eLearning (bersertifikat).