group-logo

PEMUDA ADVENT

3rd Indonesia Pathfinder Camporee

December 16, 2023

Ini merupakan acara Remaja Advent Indonesia pertama dan terbesar setelah pandemi Covid 19. Peristiwa luar biasa yang diselenggarakan pada tanggal 26 Juni – 2 Juli 2023 di Buperta, Cibubur, Jakarta Timur ini mengambil tema “Niscala” yang memiliki arti “tenang” dan “teguh”. Tokoh dalam Alkitab untuk acara tersebut adalah Paulus dan badak jawa dipilih sebagai maskot resmi yang diberi nama “Badi”. Ada lima lagu yang dibawakan dalam acara ini dengan lagu tema utama “Kapal Rusak” (Kisah Paulus) yang dibawakan oleh lima Pathfinder se-Indonesia.

Sekitar 4.500 – 5.000 orang menghadiri Camporee ini baik dari West Indonesia Union Mission (WIUM) sebagai tuan rumah maupun East Indonesia Union Conference (EIUC). Banyak peserta EIUC, khususnya dari Papua, yang membutuhkan waktu hampir dua minggu untuk menempuh perjalanan dari tempat mereka ke Jakarta, namun mereka dengan senang hati bergabung dengan kerumunan lainnya di lokasi perkemahan. Camporee ini juga dihadiri oleh MG Pst. Andreas J. Peralta, sebagai Direktur World Pathfinder, MG Pst. Stephen Salainti (Wakil Presiden SSD), MG Pst. Wendel Mandolang (Sekretaris SSD), MG Pst. Ron Genebago (Direktur Pemuda SSD), MG Pst. Ronny Wenas (Direktur Pemuda WIUM), MG Pst. Didi Muntu (Direktur Pemuda EIUC) dan seluruh Direktur Pemuda Konferensi/Misi Indonesia.

Acara ini dibuka resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Ario Bimo Mandiri Ariotedjo, SH pada Selasa, 27 Juni. Saat diwawancarai Hope Channel Indonesia, Menpora mengatakan, “Program ini sangat penting untuk melatih generasi muda agar mempunyai ketahanan fisik yang baik. dan spiritual. Ini penting bagi negara kita karena generasi muda kita akan diselesaikan secara holistik.”

Banyak acara menarik disini seperti: Pathfinder Honors on-site dan offsite, city tour, pengabdian masyarakat, Pathfinder Olympic (Pathlympic). Dan pada hari Sabat, komuni suci, Baptisan Pathfinder, Penobatan MG telah disampaikan. Yang menarik terjadi pada Niscala 3IPAC ini, CEROS (Camporee’s Registration, Operation and Services) juga mengadakan sesi untuk Adventurer dan dihadiri ratusan anak berusia 4 – 8 tahun yang mana acara ini juga disebut sebagai 1st Indonesia Adventurer Camporee. Selain Pathfinder dan Petualang, sejumlah lokakarya dan sesi untuk Master Guide, serta sertifikasi Kepemimpinan Pemuda Senior telah dilakukan selama kampore.

CEROS, panitia penyelenggara yang dipimpin oleh MG Osvald Taroreh mengucapkan terima kasih kepada seluruh sponsor, donatur, serta IDAJ (Ikatan Dokter Advent Jakarta) sebagai official medical partner camporee dan Hope Channel Indonesia sebagai official media partnernya. Apresiasi juga sangat setinggi-tingginya kepada seluruh Pathfinder, Adventurer serta segala dukungan, doa dan dedikasi generasi muda, orang tua, anggota gereja dan partisipasi Direktur Pemuda, sehingga program ini terlaksana dengan sukses.

Sampai jumpa pada Camporee berikutnya di Jayapura, Papua pada tahun 2028.