group-logo

PEMUDA ADVENT

Adventist Youth Empowerment (AYE) di Daerah Sumatera Kawasan Utara (DSKU) “Keep Moving”

April 9, 2024

Perkemahan Pemuda Advent Senior Terbesar se-Daerah Sumatera Kawasan Utara di Aek Batu Sipolha, Simalungun, Sumatera Utara pada tanggal 29 – 31 Maret 2024. Departemen Pelayanan Pemuda Advent DSKU di bawah koordinasi oleh enam Bakor di wilayah masing-masing (Badan Koordinasi PA Wilayah), lebih dari 400 peserta anak-anak muda dari usia 18 tahun ke atas ikut terlibat dan mengikuti kegiatan tersebut.

Pada hari Jumat pembukaan, keenam Bakor telah menyiapkan maskot dengan tampilan semenarik mungkin dari wilayah masing-masing dan untuk seluruh peserta menggunakan baju bernuansa batik. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Daerah DSKU, Pdt. B. Sitanggang, Pdt. R Hutasoit, Sekretaris Daerah DSKU, Direktur Pemuda UIKB, Pdt E. Sembiring dan Direktur Pemuda DSKU, Pdt. N. Ginting.

Malam Vesper disuguhkan dengan penampilan rohani oleh perwakilan beberapa peserta dari setiap wilayah dan renungan singkat oleh Pdt B. Sitanggang, diikuti kata sambutan dari Direktur Pemuda DSKU Pdt. Nikodemus Ginting dan Ketua Pelaksana AYE, Pdtm. Dodi Manik. Peserta juga dibagi dalam beberapa kelompok doa TDSR (Teman Doa Sahabat Rohani) untuk terlibat dalam kegiatan berdoa, kekompakan, berdiskusi dan berbagi dalam hal-hal orang muda di kegiatan ini.

Setiap pagi panitia dan peserta mengawali kegiatan melalui renungan pagi pukul 05.00 Wib di lapangan utama. Pada ibadah Sabat, seluruh peserta menggunakan baju dresscode bernuansa biru. Direktur Pemuda UIKB, Pdt. Eben Sembiring menyampaikan Khotbah di Hari Sabat dengan judul “Keep Moving” sesuai dengan tema AYE 2024.

Pada sore di acara PA, ada talk show yang menjadi salah satu bagian paling menarik dalam kegiatan ini karena mendatangkan empat narasumber terpercaya di bidangnya masing-masing. Pdt. Yoanes Sinaga, Dosen di PTASN yang membahas “Jodohku, Ada atau Enggak?”, dilanjutkan dengan pembahasan tentang “Mental Health” oleh Mrs. Stenny Prawitasari, Prof. Dr. Dedi Simbolon selaku Rektor sekaligus Dosen di salah satu Universitas bergengsi di Medan juga memberikan contoh langsung bagaimana seseorang seharusnya “Beriman dalam Karir dan Pendidikan” dan diakhiri dengan materi “Keterlibatan Orang Muda dalam Misi Gereja” oleh Pdt. Eben Sembiring, dimeriahkan oleh bintang tamu Nia Tobing, seorang penyanyi dan influencer yang memberikan kesan berbeda dalam kegiatan AYE melalui lagu-lagu dan kesaksian dari para peserta, serta  pemberian cendra mata kepada setiap Pembicara.

Kegiatan malam minggu yang di tunggu-tunggu oleh seluruh peserta adalah beberapa Bakor memberikan penampilan yang terbaik untuk acara malam minggu dengan acara dance, menyanyi dan juga tari-tarian daerah.  Dalam acara games, para peserta juga dipuaskan melalui lomba joget balon dengan lawan jenis yang belum dikenal, juga memilihan “King dan Queen” sebagai pemenang dalam perlombaaan. Direktur Pemuda DSKU, Pdt N. Ginting turut memeriahkan acara dengan berduet bersama istri tercinta. Di malam terakhir, para panitia melibatkan peserta dengan menggunakan lampion-lampion di setiap kelompok untuk boleh dilepaskan di udara  secara bersamaan dan ditutup oleh Pdt R. Hutasoit memimpin dalam Doa setiap harapan yang para peserta sampaikan.

Pada penutupan terakhir di hari minggu, para peserta menggunakan dresscode kaos putih untuk mengikuti acara games dan color run. Para peserta sangat bersemangat dengan memberikan tanda high-five di spanduk AYE. Dengan menggunakan hand flare, memberikan warna baru dalam video yel-yel peserta yang diambil dari kamera drone dengan diiiringi musik anak muda. Diakhir acara, panitia juga telah menyiapkan hadiah bagi seluruh penampilan peserta dan pemenang lomba. Pdtm. Dodi Manik selaku Ketua Pelaksana Acara sangat berterima kasih kepada seluruh panitia, pembicara, donatur dan peserta yang sudah terlibat dalam kegiatan Adventist Youth Empowerment 2024 sehingga program ini terlaksana dengan sukses. Harapannya, orang-orang muda akan kuat dan setia di dalam Tuhan, aktif dalam pelayanan dan juga berjodoh dengan yang seiman. Sampai berjumpa di perkemahan berikutnya, kiranya Tuhan memberkati. Amin.

Vebe Panjaitan, Koordinator Seksi Humas AYE 2024