group-logo

PEMUDA ADVENT

Drill Workshop Pemuda Advent Junior di Lembang

March 30, 2024

Departemen Pelayanan Pemuda Advent UIKB merintis pelaksanaan kegiatan pelayanan “Drill Workshop” untuk Pemuda Advent Junior yang dilaksanakan di Padepokan Tumaritis, Lembang pada 9 – 11 Maret 2024. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan keteraturan ibadah khususnya bagi anggota PA Junior serta memberikan pemahaman lebih rinci terkait penyelenggaraan kegiatan upacara dan baris berbaris melalui Latihan Baris-berbaris.

Para peserta kegiatan ini datang dari berbagai Kondawil se-UIKB termasuk Daerah Sumatera Kawasan Tengah, Daerah Sumatera Kawasan Selatan, Konferens DKI Jakarta, Konferens Jawa Kawasan Timur, dan tentunya dari Konferens Jawa Kawasan Barat sebagai tuan rumah sekaligus pelaksana kegiatan. Acara sudah dibuka pada Sabat sore, 9 Maret dalam upacara yang dipimpin oleh Pdt. Victor Joe Sinaga, Wakil Direktur PPA UIKB.

Setelah upacara pembukaan, sesi-sesi kegiatan pun langsung diadakan. Pada hari pertama sesi kelas oleh Pdt. Edwin Berhitu, Direktur Departemen Komunikasi KJB yang juga merupakan instruktur dan pelatih PBB. Setelah Tutup Sabat, kelas-kelas masih dilanjutkan oleh Pdt. V. J. Sinaga dan MG Randy Moal, juga sebagai Ketua Panitia Pelaksana.

Pada hari Minggu, pagi hari kegiatan kelas di dalam ruangan dipimpin oleh Kak Rocky, seorang pemateri yang berasal dari Pramuka Jawa Barat. Beliau sudah mengajar tentang tata cara PBB yang baik dan benar. Kemudian di siang harinya dilakukan praktek PBB di luar ruangan dengan pelatih PBB dari ketentaraan. Banyak hal baru dan menarik terkait pelaksanaan tata upacara dan baris-berbaris yang tepat dan benar diajarkan secara langsung pada saat itu.

Kemudian di hari ketiga, Senin pagi diadakan sesi praktek khusus untuk Fancy Drill. Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan Fancy Drill atau PBB variasi saat ini sedang ramai dilatih dan diikuti di klub-klub PA Junior (terutama Pathfinder) di seluruh Indonesia. Itu sebabnya dalam sesi ini dilatih dan diajarkan latihan variasi yang baik sesuai dengan estándar PBB untuk PA Junior. Setiap peserta dibagi dalam empat grup yang akhirnya mempertunjukkan kebolehan mereka untuk Fancy Drill dengan gaya dan variasi gerakan masing-masing.

Setelah makan siang, Drill Workshop pun akhirnya ditutup oleh Pdt. Eben Eser Sembiring, Direktur PPA UIKB dimana acara ini juga dihadiri dan dibantu sepenuhnya oleh Departemen PPA KJB di bawah koordinasi Pdt. Antonius Nainggolan. Semoga kegiatan ini dapat membawa banyak pengamalan yang bisa diajarkan di seluruh club dan jemaat di Indonesia.

Views: 6