group-logo

PEMUDA ADVENT

Program Kerja Sama Sekolah Makarios Jakarta Barat dengan ATI (Aku Tangguh Initiative) dan WAHU Indonesia Dalam Penanganan Botol Sampah Plastik

February 29, 2024

Sampah Plastik adalah polutan lingkungan yang menjadi sumber bencana ekologis hingga saat ini. Adalah tanggung jawab penatalayanan umat Tuhan untuk membawah perubahan menuju masa depan yang lebih baik. Pada tanggal 31 Januari 2024, sekolah Makarios di Kembangan, Jakarta Barat, membuat terobosan ramah lingkungan khususnya dalam pengumpulan botol plastik menjadi rangkaian alat edukasi di kelas kepahaman Pathfinder selama 1 Semester di awal tahun 2024 dan Sekolah makarios menjadi Sekolah Advent Pertama untuk Kegiatan ini, bersama WAHU Indonesia (PT.Waste Hub Indonesia), Aku Tangguh Initiative (ATI) dan Ministry Pemuda Advent di bawah naungan Departemen Pelayanan Pemuda Advent UIKB.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Direktur PPA UIKB, Pdt. Eben.E.Sembiring, Direktur Sekolah Makarios oleh Ibu Dewi, Bpk. Heri sebagai Intruktur dari WAHU Indonesia dengan kepahaman “Recycling dan Waste Collecting”, MG. Alimanto Purba sebagai Intruktur kelas Kepahaman “Disaster Response Level 1, dan seluruh siswa-siswa dan juga Guru-guru Sekolah Makarios.

Kami sangat berterimakasih kepada sekolah Makarios atas program kerja sama sekolah dengan ATI (Aku Tangguh Initiative) dan PT. WAHU Indonesia dan yang telah menyumbangkan 2 unit dropbox untuk sekolah Makarios dalam kegiatan penanganan botol plastik menjadi alat edukasi.

Biarlah program yang telah dirancang ini mengajarkan siswa-siswa tentang pengelolahan sampah dengan fokus pada botol plastik dan para siswa tidak hanya belajar tentang bahaya lingkungan yang ditimbulkan oleh sampah plastik tetapi juga para siswa diberikan keterampilan praktis dalam pembuatan bahan daur ulang menjadi alat edukasi dari botol plastik bekas.

Dengan kegiatan inovatif ini di Sekolah Makarios telah memberikan contoh yang kuat tentang bagaimana Pendidikan dapat menjadi alat efektif dalam membangun kesadaran lingkungan yang ada disekitar kita untuk mengurangi limbah plastik di lingkungan sekitar. Semoga program semacam ini terus berkembang dan diikuti oleh lebih banyak lagi sekolah-sekolah Advent yang ada di UIKB untuk menciptakan generasi depan yang lebih berkelanjutan dalam menjaga lingkungan bagi bumi kita ini.